Jumat, 13 November 2020

Mengenal Bisnis Ekspor Dan Impor Di Indonesia

Istilah impor dan ekspor pasti nya sudah sangat familiar di telinga anda karena banyak sekali barang impor yang masuk ke Indonesia melalui shipping company indonesia. Akan tetapi masih banyak orang yang sebenarnya belum paham betul arti dari ekspor dan impor itu sendiri. Pemahaman yang benar sangat diperlukan agar kita dapat mencerna banyak informasi terkait dengan hal-hal tersebut secara baik dan benar.


Secara umum ekspor dan impor adalah kegiatan jual beli barang yang biasa terjadi di sekitar kita. Apabila kegiatan jual beli yang biasa terjadi tersebut terjadi antara pedagang dan pembeli di dalam negeri, ekspor dan impor terjadi antara pedagang dan pembeli secara langsung atau antar perusahaan di dalam dan luar negeri.  Maka dari itu biasanya kegiatan ekspor dan impor yang terjadi membutuhkan bantuan pihak lain seperti shipping company Jakarta, karena sebagai ibu kota Indonesia Jakarta merupakan kota yang sering menjadi tempat singgah penjualan barang antar negeri.

Secara umum ada 2 jenis penjualan barang impor dan ekspor yaitu door to door dan port to door.

1.     Door To Door Service

Sesuai dengan namanya Door To Door berarti pengiriman langsung dari pintu ke pintu. Yang dimaksud pintu ke pintu adalah penjual tidak mengirimkan barang hanya sampai pelabuhan tempat gudang barang impor akan tetapi penjual juga bertanggung jawab atas pengiriman barang sampai lokasi yang diinginkan oleh pembeli.  Maka dari itu penyedia jasa impor door to door biasanya akan mengurus semua hal yang terkait dengan pajak, jasa pengiriman hingga tempat tujuan, dan lain sebagainya. Jasa ini biasanya digunakan oleh pembeli dengan kuantitas kecil karena kebanyakan dari mereka ingin barangnya langsung sampai ke rumah mereka.

2.     Port To Door Service

Sedikit berbeda dengan door to door service yang mengharuskan penjual mengirim barang ke lokasi spesifik pembeli inginkan. Port to door service hanya mewajibkan penjual untuk mengirimkan barangnya ke pelabuhan tempat barang tersebut dikumpulkan bersamaan dengan barang impor yang lainnya. Apabila barang tersebut sudah sampai di pelabuhan maka tanggung jawab si penjual sudah selesai. Selanjutnya pembeli yang bertugas untuk mengambil barang dan berurusan dengan bea cukai dan lain sebagainya.

Secara umum inilah yang perlu anda ketahui tentang ekspor dan impor. Untuk ekspor prosesnya tidak jauh berbeda akan tetapi dimulai dari dalam negeri ke luar negeri. Maka dari itu para penggiat usaha yang memiliki potensi untuk mengirimkan barangnya ke luar negeri harus memperdalam ilmu tentang ekspor. Anda juga bisa bekerja sama dengan jasa cargo terdekat di daerah anda untuk mengurusi sega hal yang berkaitan dengan dokumen dan perpajakan.

0 komentar:

Posting Komentar